Cara Mengoptimalkan Memori Internal Kecil di Smartphone Android

HandRoot - Apakah smartphone yang anda memiliki mempunyai memori internal yang kecil? Kalo "iya" berarti sama dengan smartphone yang pernah saya miliki hehe... Namun biarpun memori internal pada Smartphone kita kecil, tapi yang terpenting jangan berkecil hati dulu ya... Karena, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi Tips mengenai bagaimana Cara Mengoptimalkan Memori Internal yang Kecil di Smartphone Android.

Cara Mengoptimalkan Memori Internal di Smartphone Android
Minimnya (kecilnya) memori internal pada sebuah Smartphone Android, tentunya akan berpengaruh pada performa smartphone itu sendiri. Kendala yang pasti akan dialami pemilik Smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil adalah keterbatasan, baik dalam hal menginstall aplikasi maupun mendownload game serta menyimpan file-file seperti; gambar, foto, video, mp3 maupun data penting lainnya.

Artinya jika kapasitas memori internal pada sebuah smartphone android kecil atau sudah penuh atau sudah tidak mencukupi alias low internal, maka pada saat akan menginstall aplikasi baru maupun menyimpan data baru akan muncul peringatan seperti pada gambar dibawah ini;
Trik mengatasi memori penuh di android
Sehingga dengan keluarnya peringatan tersebut kita sebagai pemilik smartphone mau tidak mau harus merelakan kuota yang sudah berkurang akibat dari proses mendownload. Bukan hanya itu, kita bisa juga kehilangan moment yang berharga gara-gara minimnya memori internal, karena kita tidak dapat menyimpan atau mengabadikan moment tersebut melalui foto maupun video.

Sebagai pemilik tentunya akan merasa kecewa dan bertanya, apa iya saya harus mengganti smartphone yang baru yang memiliki memori internal besar? Mungkin bagi yang memiliki uang lebih tidak ada masalah, tapi bagi yang uangnya pas-pasan seperti HandRoot ini mau bagaimana? Nah... maka dari itu, jalan satu-satunya untuk menyiasati memori internal yang kecil pada smartphone android milik kita yaitu dengan cara mengoptimalkan memori internal tersebut agar kita bisa menyimpan berbagai aplikasi, game, foto, video dan file-file lainnya yang kita butuhkan.

Dan berikut Cara Mengoptimalkan Memori Internal Kecil di Smartphone Android;

# Yang Pertama
Untuk mengoptimalakan atau memaksimalkan memori internal di smartphone android adalah dengan cara memindahkan aplikasi yang terinstall di memori internal ke memori eksternal (SD Card).
** bagi pengguna smartphone android dengan versi Froyo dan Gingerbread untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal bisa dengan bantuan aplikasi seperti Link2SD dengan catatan smartphone android anda harus di Root terlebih dahulu.

Baca juga; Cara Root Smartphone Android

# Kedua
Rutin membersihkan Cache, dengan cara; masuk ke menu pengaturan -> pilih manager aplikasi - >lalu pilih dan buka salah satu aplikasi yang ingin dibersihkan Cache-nya -> terakhir klik hapus cache.

# Ketiga
Membersihkan Cache dan Cookies yang terdapat pada aplikasi Browser Android yang anda gunakan.

# Keempat
Menghapus file .thumbnail, caranya; masuk ke menu File Manager > lalu pilih dan buka Internal Storage > lalu pilih dan buka folder DCIM > selanjutnya pilih dan buka folder .thumbnail > lalu ceklis semua (selected all) file yang ada didalamnya dan hapus semua file tersebut.

# Dan Yang Kelima
Dengan cara menginstall Custom ROM pada Smartphone Android anda. Untuk melakukan hal ini memang agak sedikit rumit, namun banyak user yang mengatakan bahwa dengan cara menginstall Custom ROM ini merupaka cara yang paling ampuh untuk mengoptimalkan memori internal yang kecil pada Smartphone android. Lalu bagaimana cara menginstall Custom ROM pada Android? Dan untuk membahasan mengenai Cara Menginstall Custom ROM pada Smartphone Android, mungkin akan HandRoot bahas dilain kesempatan.

Nah...demikianlah cara mengoptimalkan memori internal kecil di smartphone android, semoga bermanfaat. Sekian dan Terima Kasih.