Cara Mengembalikan Data File yang Hilang atau Terhapus di Android

Tahukah Anda bahwa menyimpan berbagai data maupun file-file penting seperti: foto, video, aplikasi, musik dan lain sebagainya pada memori Smartphone Android baik yang tersimpan di memori internal maupun eksternal ada kemungkinan bisa terhapus, baik itu secara disengaja maupun tidak disengaja.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Terhapusnya suatu data maupun file yang tersimpan didalam memori Smartphone Android mungkin tidak akan menjadi masalah jika data maupun file tersebut memang sudah tidak diperlukannya lagi. Namun jika data maupun file yang terhapus itu dianggap penting tentunya akan menjadi masalah tersendiri bagi pemiliknya.

Nah... jika saat ini Anda sedang mengalami masalah seperti ini, saya harap Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu panik. Karena pada kesempatan kali ini HandRoot akan mencoba memberikan solusi melalui sebuah trik guna Mengembalikan Data maupun File yang Hilang atau Terhapus di Android.

Baca artikel terkait:


Namun sebelum kita menuju ke inti pembahasan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem penyimpanan yang ada di memori Smartphone Android baik yang tersimpan pada memori internal maupun eksternal. Ketika ada suatu data maupun file-file penting lainnya yang terhapus, sebenarnya itu "tidak benar-benar terhapus secara permanen alias hilang selamanya".

Jadi yang terhapus pertamakali hanyalah index yang menuju atau mengarah pada data maupun file yang sudah dihapus tersebut. Sehingga jika kita masih bisa menemukannya, maka besar kemungkinan data maupun file yang semula sudah terhapus bisa untuk kita kembalikan lagi. Ok... mari kita langsung saja ke pokok pembahasan!!!

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android


Untuk Mengembalikan Data maupun File-file penting yang sudah Terhapus di Smartphone Android, sebenarnya tidak memerlukan keahlian maupun skill yang khusus, karena Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan berikut ini;

1. Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya
2. Buka aplikasi Google Play Store
3. Lalu cari dan download aplikasi dengan nama Dumpster, dengan cara: ketuk kolom pencarian dan isikan "Dumpster" (tanpa tanda kutip) atau klik gambar dibawah ini untuk men-downloadnya:
Cara Mengembalikan Data File yang Hilang atau Terhapus di Android
4. Setelah proses download selesai, silahkan Anda install seperti biasanya
5. Buka aplikasi Dumpster
6. Lalu buka pengaturan dan pastikan semua data maupun file-file, seperti: foto, video, aplikasi, musik dan lain sebagainya sudah terbaca di aplikasi Dumpster tersebut atau tombol yang menandakan data yang tersimpan pada memori Android dalam keadaan ON
Cara Mengembalikan Data File yang Hilang atau Terhapus di Android

7. Dengan demikian maka Anda akan melihat folder seperti halnya Recycle Bin yang isinya berbagai data maupun file yang sudah terhapus
8. Selanjutnya tinggal Anda cari data maupun file yang akan dikembalikan di restore
Selesai!!!

Nah... dengan begitu semua data maupun file penting yang awalnya sudah Anda kira terhapus secara permanent, kini sudah dapat dikembalikan lagi. Jadi dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kini masalah Anda sudah terselesaikan. Sekian dan semoga bermanfaat.

TerimaKasih.