Amankan Android dengan Fitur Keamanan atau Aplikasi Anti Maling

HandRoot - Berbicara mengenai fitur keamanan yang ada pada Smartphone Android pastinya berkaitan dengan data penting privasi sang pemilik atau penggunanya. Lantaran dari kebanyak pengguna memanfaatkan Smartphone miliknya untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan berbagai data, seperti: dokumen, data privasi dan file-file penting lainnya.

Amankan Android dengan Fitur Keamanan atau Aplikasi Anti Maling

Namun tahukah Anda bahwa menyimpan berbagai dokumen dan data penting didalam Smartphone bisa menjadi ancaman tersendiri bagi Anda atau para penggunanya. Pasalnya sudah banyak kasus penipuan dengan cara menggunakan data pribadi orang lain yang tersimpan didalam Smartphone.

Jadi mengamankan Smartphone Android dengan Fitur Keamanan atau menggunakan Aplikasi Anti Maling sangat penting guna menjaga dokumen maupun data penting privasi Anda agar tidak disalahgunakan untuk tindak kejahatan ketika Smartphone Android Anda berpindah tangan, baik itu hilang maupun dicuri orang lain.

Baca juga:



Nah... yang menjadi pertanyaan disini adalah bagaimana cara menggunakan (meng-aktifkan) Fitur Keamanan dan Aplikasi Anti Maling ini? Bagi Anda khususnya pengguna Android versi Lollipop dan Marsmallow sudah dibekali dengan Fitur Keamanan ini, dengan nama: "Mobile Anti Theft" (Ponsel Anti Pecurian), sedangkan bagi pengguna Android dengan versi sebelumnya bisa menggunakan Aplikasi Anti Theft.

Dan berikut cara menggunakan Fitur Anti Maling atau Mobile Anti Theft di Android Lollipop dan Android Marsmallow;


1. Silahkan buka Smartphone Anda seperti biasanya
2. Langsung menuju ke menu pengaturan
3. Lalu cari dan buka tap Keamanan
4. Kemudian pilih dan buka Mobile Anti Theft
5. Setelah itu Anda diminta untuk memasukkan nomorHP. Nah... karena nomorHP ini nantinya akan digunakan sebagai Emergency Contact, maka isilah dengan nomorHP selain yang ada pada Smartphone yang Anda gunakan saat ini, lalu klik tombol Done
6. Dan dilanjutkan dengan memasukkan PIN, lalu klik tombol Done
7. Selesai...

Catatan:
Disini akam saya coba perjelas sedikit maksud dari poin ke 5 (lima) diatas. NomorHP yang Anda gunakan sebagai emergency contact nantinya akan berfungsi untuk menerima pesan dalam bentuk SMS jika Smartphone Anda yang hilang atau dicuri tersebut nomorHP-nya (kartu SIMnya) diganti.

Baca juga: Cara Melacak Smartphone Android yang hilang atau dicuri Orang

Dan bagi Anda pengguna Android yang masih menggunakan versi sebelum Lollipop atau jenis tipe dan merk dari Smartphone Android yang Anda gunakan belum atau tidak dilengkapi dengan fitur Mobile Anti Theft ini, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Anti Maling.

Berikut adalah 5 Aplikasi Anti Maling Terbaik buat Android sebagai Alternatif dari Fitur Anti-Theft;

1. Dandum Anti-Theft
2. Where’s My Droid
3. Android Lost
4. AntiDroidTheft
5. Cerberus


Dari kelima aplikasi diatas hampir tidak ada berbedaan yang mendasar terkait fitur dan cara kerjanya. Aplikasi-aplikasi tersebut juga ada yang berbayar dan ada yang gratis yang bisa Anda temui di Google Play Store.

Demikian Cara Menggunakan Fitur Keamanan Anti Malinh serta informasi mengenai Aplikasi Anti-Theft pada Smartphone Android

Sekian dan TerimaKasih.