Pengertian dan Cara Mengatasi Touchwiz Depan [Home] Samsung yang Error

Pengertian dan Cara Mengatasi Touchwiz Depan [Home] Samsung yang Error - Bagi seorang yang baru pertama kali menggunakan Samsung Galaxy Android atau baru pertama kali mendengar istilah TouchWiz pastinya akan ada rasa penasaran dan bertanya tanya "Apa sih... yang sebenarnya dimaksud dengan TouchWiz itu?"

Pengertian dan Cara Mengatasi Touchwiz Depan [Home] Samsung yang Error

Nah... kebetulan pada kesempatan kali ini HandRoot akan mencoba berbagi serta menjelaskan tentang Pengertian TouchWiz lengkap dengan beberapa Trik untuk Mengatasi masalah jika Touchwiz Depan pada Samsung Android Anda tiba-tiba terhenti yang ditandai dengan munculnya peringatan: "unfortunately touchwiz home has stopped" atau "sayangnya touchwiz depan telah berhenti".

Cara Mengatasi Touchwiz Depan [Home] Samsung yang Error

Pengertian TouchWiz Samsung Android


Seperti halnya iOS yang digunakan sebagai sistem operasi pada iPhone, iPad, iPod Touch dan semua produk milik Apple. Nah... TouchWiz ini juga sebenarnya hampir sama dengan iOS, jika iOS adalah sistem operasi sentuh yang dikembangkan oleh Apple, sedangkan TouchWiz ini merupakan sistem operasi sentuh yang diciptakan dan dikembangkan oleh Samsung Electronics.

Atau mungkin lebih jelasnya begini:
"TouchWiz ini merupakan tampilan antarmuka (interface) sentuh dalam bentuk grafis yang berfungsi untuk memudahkan penggunanya ketika akan berinteraksi dengan sistem operasi yang terdapat pada Smartphone Android buatan Samsung itu sendiri".

Atau dengan kata lain:
"TouchWiz ini merupakan launcher default bawaan pabrik yang bisa Anda temukan pada Smartphone Android buatan Samsung".

Begitulah kira-kira sedikit penjelasan mengenai TouchWiz Depan yang digunakan pada sistem operasi Samsung Android. Nah... kini kita lanjut ke bagian permasalahan pada TouchWiz Samsung yang mendadak terhenti alias error.

Cara Mengatasi Touchwiz Depan Samsung yang Tiba-tiba Terhenti alias Error


Perlu Anda ketahui walaupun Launcher (TouchWiz) ini asli bawaan pabrik (Samsung), akan tetapi tidak jarang pengguna Samsung Android yang mengeluhkan ketika sedang menggunakan Samsung Android miliknya tiba tiba layar sentuh tidak berfungsi dengan semestinya atau mendadak terhenti.

Baca juga:



Jika saat ini Samsung Android Anda sedang mengalami masalah pada TouchWiz yang terhenti secara tiba-tiba, berikut HandRoot sampaikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut:

1. Paksa Berhenti dan Clear Data Aplikasi TouchWiz Depan


  • Masuk ke Pengaturan
  • Cari dan buka Manager Aplikasi
  • Lalu pilih Tab Semua Aplikasi
  • Kemudian cari Aplikasi TouchWiz Depan (Home)
  • Ketuk Hapus Data (Clear Data)
  • Lalu ketuk Paksa Berhenti
  • Setelah itu Restart Samsung Android Anda

Namun jika dirasa menggunakan cara yang pertama ini belum berhasil, silahkan Anda gunakan cara yang kedua berikut ini:

2. Download Aplikasi Launcher

Dengan mendownload aplikasi Launcher dari pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store, seperti: Apex Launcher Android, Nova Launcher dan lain sebagainya, dapat dipercaya mampu memperbaiki TouchWiz Samsung yang error tetsebut.

Jika sudah menggunakan kedua cara diatas masih juga belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara ketiga berikut ini:

3. Reset ke Pengaturan Pabrik (Awal)

Me-Reset atau Mengembalikan ke Pengaturan Awal (Pabrik), merupakan solusi terakhir untuk mengatasi masalah TouchWiz Depan Samsung yang error.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Cari dan buka menu Cadangkan dan Reset
  • Lalu beri tanda centang pada bagian BackUp Data Saya
  • Kemudian ketuk Restore Otomatis
  • Lalu ketuk lagi Reset Perangkat
  • Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai

Untuk lebih jelanya, silahkan Anda baca disini:
Cara Menggembalikan Hp Android Seperti Baru Lagi

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian dan Cara Mengatasi Touchwiz Depan [Home] Samsung yang Error, mudah-mudahan bermanfaat.

Sekian dan TerimaKasih.