Mencegah Konsumsi Kuota dan Baterai yang Boros di Android

Mencegah Konsumsi Kuota dan Baterai yang Boros di Android - Seperti yang sudah pernah HandRoot bahas pada artikel sebelumnya, yakni mengenai beberapa alasan kenapa banyak orang yang tertarik dan memilih untuk menggunakan Smartphone berbasis Android? Nah... salah satu dari beberapa alasan tersebut adalah Smartphone Android memiliki banyak sekali aplikasi yang berpusat di Google Play Store yang siap untuk di download oleh penggunanya.

Mencegah Konsumsi Kuota dan Baterai yang Boros di Android

Jadi dengan begitu maka wajar saja jika para pemilik dan pengguna Android yang mengunduh dan memasang berbagai macam aplikasi didalam Smartphone miliknya guna menunjang kehidupan sosialnya serta aktivitas sehari-hari. Nah... sebagai contohnya adalah aplikasi Media Sosial (MedSos / SosMed), yang mana saat ini sebagian besar pengguna Android memanfaatkannya untuk kegiatan bersosialisasi serta berinteraksi satu sama lain secara online tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Penyebab Paket Data Internet dan Baterai Android Cepat Habis


Yah... sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini ada begitu banyak aplikasi Media Sosial (MedSos / SosMed), yang sudah beredar dan tersedia di Google Play Store. Dan dari kesemua aplikasi MedSos yang ada akan selalu aktif ketika Android kita terhubung ke jaringan Internet. Jadi tanpa kita sadari hal inilah yang sebenarnya memicu konsumsi kuota internet dan konsumsi daya baterai Android menjadi boros alias cepat habis. Lantaran semua aplikasi MedSos yang terpasang di Android Anda akan selalu berjalan di beckground (di belakang layar).

Artikel Terkait:

Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk berbagi tips tentang bagaimana cara mencegah atau yang lebih tepatnya cara menghemat kuota Internet dan baterai di semua merek dan tipe Smartphone Android. Namun tips kali ini mungkin akan lebih mengarah kepada para pengguna Android yang saat ini sudah memasang berbagai macam aplikasi Media Sosial, agar tidak lagi merasa boros dalam mengkonsumsi kuota internet dan juga daya baterai.

Mencegah Konsumsi Kuota dan Baterai yang Boros di Android


Nah... berikut tips untuk menghemat kuota internet dan konsumsi daya baterai bagi para pengguna aplikasi Media Sosial (MedSos / SosMed) seperti;

Youtube


Menghemat Kuota Internet bagi pengguna Youtube

Sebagaimana Anda ketahui bahwa YouTube merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Namun tahukah Anda bahwa YouTube ini termasuk salah satu aplikasi yang tergolong paling rakus dalam memakan kuota internet sehingga daya baterai menjadi cepat habis.

Nah... langkah yang perlu dilakukan agar kuota internet dan juga baterai menjadi lebih hemat yaitu dengan cara merubah settingan kualitas video yang ada pada YouTube dari resolusi maksimal ke resolusi yang lebih rendah dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi YouTube seperti biasanya
  • Lalu silahkan pilih video yang Anda inginkan
  • Kemudian masuk ke menu pilihan yang ada di sebelah kanan atas dengan icon tiga titik berjajar
  • Lalu akan muncul pemberitahuan kualitas resolusi yang sedang Anda gunakan
  • Kemudian silahkan Anda atur sendiri kualitas video yang sekiranya resolusinya lebih rendah, karena jika kualitas video menggunakan resolusi maksimal maka kuota intetnet akan menjadi cepat habis

Instagram


Menghemat Kuota Internet bagi pengguna Instagram

Instagram merupakan aplikasi media sosial kedua setelah YouTube yang juga memakan banyak kuota internet serta menguras daya baterai, maka dari itu patut untuk kita cegah agar bisa lebih hemat.

Nah... langkah yang perlu Anda lakukan agar kuota internet dan juga daya baterai menjadi lebih hemat yaitu dengan cara merubah settingan pada profil Anda dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram seperti biasanya
  • Lalu pilih dan buka tab Profil
  • Kemudian ketuk tombol setting (options) dibagian kanan atas
  • Gulirkan kebawah lalu pilih dan buka panel Data Sellular Gunakan (Cellular Data Use)
  • Lalu aktifkan Penggunaan Kurang Data (Use Less Data) dengan cara menggeser toggle switch

Path


Menghemat Kuota Internet bagi pengguna Path

Seperti halnya YouTube dan Instagram, Path ini juga merupakan suatu aplikasi media sosial yang menelan banyak kuota internet serta menguras banyak daya baterai sehingga menjadi cepat habis.

Nah... langkah yang perlu Anda lakukan agar kuota internet dan juga daya baterai menjadi lebih hemat yaitu dengan cara menghentikan fitur autoplay video (pemutar video otomatis) dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Path seperti biasanya
  • Lalu masuk ke menu pengaturan (settings)
  • Kemudian cari dan buka menu pengaturan video
  • Setelah itu beri tanda ceklis pada kolom Never Auto-Play, dengan begitu pemutar video tidak berjalan secara otomatis dan video di linimasa hanya akan berjalan ketika Anda menginginkannya

SnapChat


Menghemat Kuota Internet bagi pengguna Snapchat

Hampir tak ada bedanya dengan ketiga aplikasi media sosial yang sudah saya jelaskan diatas, SnapChat ini juga akan selalu aktif dalam mengunduh foto maupun gambar, video dan semua konten yang masuk ketika terhubung ke jaringan internet. Karena memiliki fitur Travel Mode alias mempunyai sifat auto download maka secara otomatis aplikasi SnapChat ini akan menghabiskan banyak kuota intetnet yang akhirnya membuat daya baterai menjadi cepat habis alias boros.

Nah... langkah yang perlu Anda lakukan agar kuota internet dan juga daya baterai menjadi lebih hemat yaitu dengan cara menghentikan fitur travel mode (auto-download) dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi SnapChat seperti biasanya
  • Kemudian ketuk SnapChat icon profil Anda
  • Lalu menuju ke Pengaturan dengan mengetuk icon roda gigi di pojok kanan atas
  • Setelah itu scroll kebawah, cari dan buka Additional Services (Layanan Tambahan)
  • Lalu ketuk tab Manager
  • Kemudian non-aktifkan fitur Travel Mode dengan cara menggeser toggle switch, dengan begitu aplikasi SnapChat tidak dapat mengunduh foto maupun gambar, video dan semua konten yang masuk secara otomatis namun hanya dapat diunduh secara manual ketika kita menginginkannya

Demikianlah tips dan trik untuk mengatasi beberapa aplikasi media sosial (Youtube, Instagram, Path dan Snapchat) yang memakan banyak kuota internet dan juga menguras daya baterai di Smartphone Android Anda. Dan untuk pembahasan selain daripada aplikasi medsos diatas akan saya tambahkan (update) dilain kesempatan. Sekian dan Semoga Bermanfaat.

TerimaKasih