Cara Install Ulang di Semua Smartphone Android Dengan / Tanpa Komputer

Berbicara mengenai Install Ulang/Flashing pastinya ada hubungannya dengan yang namanya program, kenapa? Karena pengertian dari kata Install itu sendiri adalah suatu proses pemasangan program atau perangkat lunak kedalam sebuah perangkat elektronik, yang dimaksud disini adalah perangkat Smartphone Android.

Cara Install Ulang di Semua Smartphone Android Dengan / Tanpa Komputer
Namun jika yang kita bicarakan disini mengenai Install Ulang atau Flashing di Semua Merk dan Tipe Smartphone Android ini artinya suatu bentuk usaha dalam mengembalikan ataupun memulihkan file-file pada software bawaan yang mengalami kerusakan ataupun error, sehingga sistem operasi Smartphone Android tersebut menjadi normal kembali.

Melakukan Install Ulang atau Flashing pada sebuah Smartphone Android, sebenarnya hampir mirip dengan melakukan Factory Reset alias Hard Reset, kenapa? Karena sama-sama untuk mengembalikan sistem software bawaan yang rusak ke settingan awal, sehingga sistem operasi Android menjadi seperti semula atau seperti baru pertama kali kita beli.

Baca juga:


Cara melakukan Install Ulang atau Flashing di Semua Smartphone Android


Lalu kenapa Smartphone Android kita perlu di-Install Ulang atau Flashing? Banyak hal yang dapat menyebabkan kita memutuskan untuk melakukan Install Ulang, diantaranya adalah:

  • Smartphone sudah terjangkit Virus/Malware/Adware
  • Smartphone sering mengalami Bootloop
  • Terlalu banyaknya file sampah atau junk yang menumpuk yang tidak bisa diatasi dengan app pembersih seperti Clean Master
  • Performa atau kinerja Android yang terlalu berat alias lelet
  • dan lain sebagainya.

Dari semua penyebab yang ada, yang menjadi faktor utama kenapa kita perlu melakukan Install Ulang Smartphone Android adalah ketika kita sudah berusaha secara maksimal dengan berbagai cara termasuk melakukan Factory Reset, namun tanpa hasil alias Smartphone Android masih tetap error alias rusak.

Namun sebelum Smartphone Android Anda di Install Ulang atau Flashing, baik Dengan maupun Tanpa PC/Komputer/Laptop, yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah mem-backup terlebih dahulu semua data penting yang tersimpan di Smartphone Android Anda dengan menggunakan salah satu aplikasi recovery, seperti: ClockworkMod. Tujuan dari mem-backup data ini tak lain adalah untuk berjaga-jaga jika ada kegagalan dalam proses Install Ulang ataupun Flashing.

Cara Instal Ulang Smartphone Android Dengan PC/Komputer/Laptop


# Persyaratannya:
1. Download aplikasi MTK (MediaTek) USB All Driver dan Install di PC/Komputer/Laptop Anda

2. Selanjutnya silahkan Anda download dan Install Costom ROM (Firmware) di perangkat Android yang akan di Install Ulang (Flashing), tentunya yang kompatibel (sesuai) dengan tipe Smartphone Android Anda ya...

3. Dilanjutkan dengan mendownload aplikasi Android SP Flash Tool yang tentunya juga kompatibel (sesuai) dengan versi perangkat Smartphone Android Anda

Nah... jika dari ketiga persyaratan diatas sudah siap semua, langsung saja kita mulai proses Install Ulang (Flashing) dengan cara sebagai berikut;

# Buka aplikasi SP Flash Tool
# Lalu pilih dan buka menu Scatter Loading
# Kemudian cari dan buka File yang bernama scatter emmc.txt pada Folder ROM Android
# Selanjutnya tandai kolom DA, DL dan ALL With Cheksum, lalu klik Download
# Tunggu hingga proses Download selesai yang akan ditandai dengan Indikasi Bar berwarna Ungu
# Jika proses Download sudah selesai, silahkan matikan terlebih dahulu perangkat Smartphone Android Anda
# Lalu hubungkan Smartphone Android Anda ke PC/Komputer/Laptop menggunakan kabel USB, maka secara otomatis Indikasi bar yang tadinya berwarna Ungu akan berubah menjadi Kuning, itu artinya proses Install Ulang (Flashing) sedang berjalan
# Kemudian tunggu hingga proses Install Ulang selesai yang di tandai dengan munculnya lingkaran berwarna Hijau
# Jika semua proses telah selesai, silahkan hidupkan Smartphone Android Anda, nah... demikianlah cara Install Ulang di Semua Smartphone Android dengan bantuan PC/Komputer/Laptop

Cara Instal Ulang Smartphone Android Tanpa PC/Komputer/Laptop


# Persyaratannya:
1. Download aplikasi recovery data, seperti: ClackworkMod dan Install di Smartphone Android Anda yang akan di-Install Ulang (Flashing)

2. Selanjutnya menyiapkan Costom ROM (Firmware) yang tentunya sesuai atau kompatibel dengan tipe dan merk Smartphone Android Anda. Anda bisa searching di Google. Lalu buatlah Folder Baru guna menyimpan sementara Costom ROM (Firmware) yang sudah di download tadi pada kartu memori atau microSD.

Nah... jika persyaratan diatas sudah siap, langsung saja kita mulai proses Install Ulang (Flashing) dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut;

# Matikan Smartphone Android Anda
# Lalu masuk ke menu Recovery Mode
# Kemudian BackUp semua data dan file yang ada
# Lalu pilih dan ketuk Wipe Data/Reset, Wipe Cache Partition dan Wipe Dalvic Cache untuk menghapus semua sistem operasi yang ada di ROM Android
# Setelah itu, silakan Anda melakukan proses Install Ulang atay Flashing ROM dengan cara membuka Flash Zip yang sudah Anda simpan di kartu memori atau microSD sebelumnya.
*** Ingat...! Jika Smartphone Android dalam kondisi Recovery Mode, maka Layar Sentuh (TouchScreen) tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Nah... untuk dapat mengikuti perintah atau petunjuk ke atas dan ke bawah dengan cara menekan tombol Volume UP=untuk keatas, Volume Down=untuk kebawah dan Home=untuk pilihan YES.
Baca juga: Cara Mengatasi Layar Sentuh Android yang Tidak Sensitif

# Langkah terakhir, silahkan Anda Restart Smartphone Android dengan cara memilih Reboot System Now, jika proses Install Ulang atau Flashing berhasil maka Smartphone Android Anda akan kembali seperti semula.

Nah... Demikianlah Cara Install Ulang di Semua Smartphone Android Dengan / Tanpa Komputer. Sekian dan Semoga Bermanfaat.

TerimaKasih.