Kenali Penyebab yang Membuat Memori Card cepat Rusak

Kenali Penyebab yang Membuat Memori Card cepat Rusak - Setelah kemarin saya memberikan tips mengenai bagaimana cara memperbaiki kartu memori (microSD/SD Card) rusak tidak terbaca di Smartphone "Android". Kini saya akan mencoba untuk mengajak Anda mengenal lebih dalam beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan memori card (microSD) menjadi cepat rusak.

Penyebab Memori Card menjadi cepat Risak

Rusaknya sebuah memori card (microSD) tentunya akan membuat kita menjadi kehilangan berbagai data penting yang tersimpan didalamnya. Maka dari itu kita perlu untuk mengetahui hal apa saja yang sekiranya bisa merusak memori card, sehingga kita bisa menjaga dan merawatnya dengan baik serta terhindar dari kehilangan berbagai data penting yang kita miliki.

Beberapa Hal yang Membuat Memori Card menjadi cepat Rusak


Dan berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan memori card Anda menjadi cepat rusak;

1. Sistem Memori Card Error


Sistem error merupakan penyebab utama yang membuat memori card tidak dapat digunakan lagi alias rusak. Namun hal ini biasanya sering dialami pada memori card yang memiliki kualitas kurang bagus alias merek abal-abal.

2. Terlalu Sering di Pindah-pindah


Menyalin (meng-copy) berbagai data penting dengan cara memindahkan memori card dari perangkat satu ke perangkat lainnya akan sangat berpengaruh pada cepat rusaknya sebuah memori card. Nah... untuk itu ketika Anda akan menyalin atau mentransfer suatu data dari sebuah memori card disarankan untuk menggunakan fasilitas bluetooth maupun aplikasi-aplikasi yang diperuntukan mentransfer berbagai file.

3. Memindahkan dengan Cara yang Salah


Ketika Anda ingin memindahkan memori card dari smartphone satu ke smartphone lainnya, hal yang harus diperhatikan adalah kedua smartphone tersebut benar-benar dalam keadaan mati (off). Karena jika kita langsung memindahkan (mencabut) memori card dari smartphone yang dalam keadaan aktif (nyala/on), maka bisa akan berakibat sistem pada memori card tersebut menjadi error.

4. Memori Card Terjangkit Virus (Malware)


Sebagaimana Anda ketahui bahwa Virus (Malware) ini merupakan suatu program jahat yang dibuat oleh orang jahat guna melakukan kejahatan di dunia maya. Jadi jika memori card Anda sudah terjangkit virus (malware) kemungkinan yang ada memori card akan menjadi error dan cepat rusak. Maka dari itu berhati-hatilah ketika Anda akan mendownload sesuatu di dunia maya dan pastikan berasal dari sumber yang terpercaya.

Baca juga:
Anti Virus Terbaik buat Smartphone Android Anda
Tips Membeli & Memilih Smartphone Android yang baik

Demikianlah beberapa kemungkinan-kemungkinan yang bisa menyebabkan memori card yang Anda gunakan menjadi cepat rusak. Nah... dari beberapa penjelasan yang sudah saya sampaikan diatas dapat kita simpulkan bahwa yang menjadi faktor penyebab paling dominan rusaknya sebuah memori card adalah kita sendiri sebagai penggunanya. Jadi perlakukanlah memori card dengan dengan semestinya.

Sekian dan TerimaKasih