Factory Reset Untuk Mengembalikan Hp Android seperti Baru lagi

Tags

Factory Reset Untuk Mengembalikan Hp Android seperti Baru lagi - Maksud dari kata mengembalikan hp android pada judul diatas bukan berarti kita memulangkan hp ke penjualnya ya, he...he... akan tetapi suatu proses untuk memulihkan hp Android tersebut dari kerusakan yang terjadi pada sistem software.

Jadi pengertiannya begini; Factory Reset merupakan suatu proses perbaikan untuk memulihkan (mengembalikan) sistem software pada sebuah handphone maupun tablet Android yang mengalami error ke kondisi dimana handphone maupun tablet Android tersebut menjadi seperti baru lagi (kembali ke setingan awal / pabrikan).

Factory Reset untuk Mengembalikan Hp Android seperti Baru lagi
Namun perlu anda ketahui, bahwa melakukan proses Factory Reset pada handphone maupun tablet Android akan beresiko kehilangan semua data dan file-file penting lainnya termasuk semua aplikasi yang tersimpan didalam memori Hp (memori internal).

Maka dari itu sebelum melakukan proses Factory Reset pada handphone maupun tablet Android tersebut, sebaiknya BackUp-lah terlebih dahulu semua data dan file-file penting lainnya termasuk semua aplikasi yang tersimpan didalam memori Hp (memori internal) ke memori kartu (memori eksternal).

Tetapi akan lain ceritanya jika handphone maupun tablet Android tersebut sudah tidak bisa masuk ke Menu Utama alias hanya bisa start sampai logo dan loading terus, mau tidak mau atau rela tidak rela anda sudah dapat dipastikan akan kehilangan semua data yang tersimpan didalam memory Hp (memori internal).

Bacalah: Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Factory Reset Untuk Mengembalikan Hp Android seperti Baru lagi

Sebenarnya untuk melakukan Factory Reset pada sebuah handphone maupun tablet Android dapat dilakukan dengan 2 (Dua) cara, yaitu;

1. Melalui Menu Pengaturan (Setting).
2. Melalui Recovery Mode Android.

Nah untuk mengetahui bagaimana kedua cara me-Reset Handphone maupun Tablet Android tersebut, silahkan baca terus artikel ini hingga selesai.

1. Factory Reset Melalui Menu Pengaturan.
* Untuk melakukan Factory Reset pada sebuah handphone maupun tablet Android melalui Menu Pengaturan dapat dilakukan apabila bisa masuk ke Menu Utama dan langkah-langkahnya sebagai berikut;

# Masuk ke Menu Utama
# Pilih dan Buka Menu Pengaturan (Setting)
# Kemudian pilih dan buka Menu Akun (Privasi)
# Lalu pilih Cadangkan dan Reset
# Trus pilih Reset Data Pabrik
# Terakhir klik Reset Perangkat
# Kemudian tunggu sampai proses Reset selesai
# Setelah proses Reset selesai handphone maupun tablet Android tersebut akan melakukan Restart otomatis dan jika tidak, lakukanlah Restart secara manual.

Selain menggunakan cara diatas, ada juga dengan cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan kode rahasia android *2767*3855# yang bisa anda ketik melalui keyboard handphone maupun tablet Android anda.
Baca juga: Kode-kode Rahasia Smartphone Android

2. Factory Reset Melalui Recovery Mode Android.
* me-Reset handphone maupun tablet Android melalui Recovery Mode perlu dilakukan apabila handphone maupun tablet Android tersebut sudah tidak bisa masuk ke Menu Utama alias hanya bisa start sampai logo dan loading terus yang disebabkan adanya kerusakan pada sistem software. Langkah yang harus dilakukan adalah;

# Anda harus masuk ke Menu Recovery Mode Android
# Namun sebelum masuk ke Menu Recovery Mode pastikan baterai handphone maupun tablet android terisi penuh (power full) antara 80% hingga 100%
# Selanjutnya matikan handphone maupun tablet android tersebut
# Lalu Tekan tombol; Power + Home + Volume Up secara bersamaan dan Tahan beberapa detik hingga muncul Menu Recovery Mode Android
# Setelah muncul Menu Recovery Mode pilih Wipe Data/Factory Reset dengan menggunakan tombol Volume Up-Down
# Kemudian klik Wipe Data/Factory Reset tersebut dengan menggunakan tombol Home untuk memulai proses Reset
# Tunggu hingga proses Reset selesai
# Dan langkah yang terakhir Restart (Reboot) handphone maupun tablet android tersebut.

Nah...jika proses Reset ini berhasil, maka handphone maupun tablet android anda akan kembali seperti baru lagi (kembali ke setingan Awal/Pabrikan).

Namun jika kedua cara diatas sudah anda lakukan akan tetapi tidak berhasil, saya sarankan pergi ke tukang service Hp untuk menge-Flash/menginstall ulang handphone maupun tablet android tersebut.

Berbicara mengenai cara meng-install ulang atau menge-Flash Smartphone Android, akan kami coba bahas dilain kesempatan.

Sekian dan Terima Kasih.