Cara Menghilangkan dan Membasmi Virus atau MalWare Android tanpa Antivirus

HandRoot - Virus atau MalWare (Malicious Software) Android adalah sejenis virus komputer (PC) yang biasanya berupa program jahat, dimana jika ada suatu aplikasi Android yang terinfeksi (terkena) virus bisa menyebabkan aplikasi tersebut tidak berjalan dengan semestinya serta akan berpengaruh pada performa dan kinerja Android sehingga menjadi lambat, suka restart sendiri, boros baterai serta boros kuota internet.

Cara Menghilangkan Virus di Android tanpa Antivirus

Baca juga: Cara Mengatasi Android yang Restart Sendiri.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sistem yang dimiliki Android adalah bersifat Open Source alias Terbuka. Jadi tak heran jika dari kebanyakan orang yang berpendapat bahwa OS Android itu lemah dan rentan akan terserang (disusupi) virus. Maka, wajar saja jika banyak pengguna Smartphone Android yang sengaja memasang aplikasi Antivirus dengan alasan keamanan serta dapat terlindung dari serangan program jahat alias virus atau malware tersebut.

Baca juga: Antivirus Terbaik untuk Android.

Ada banyak jenis Virus Android yang berbahaya, mulai dari virus yang bisa mencuri data hingga virus yang dapat merusak sistem Android. Maka dari itu Anda harus perlu waspada dan selalu berhati-hati pada saat berselancar di dunia maya, terlebih bagi pengguna Android yang gemar melakukan download baik aplikasi maupun game. Karena dari kebanyakan kasus yang ada, virus dapat menyusup masuk ke dalam sistem Android melalui jalur internet.

Dan hingga sampai saat ini, mungkin masih banyak pengguna Android baik Tablet maupun Smartphone yang berpendapat jika perangkat terinfeksi (terkena) virus atau malware dapat diatasi hanya dengan aplilasi Antivirus. Namun pada kesempatan kali ini HandRoot akan mencoba memberikan sebuah tips untuk mengatasi bagaimana cara menghilangkan dan membasmi virus Android tanpa menggunakan aplikasi Antivirus.

Lah... kok bisa tanpa Antivirus? Padahal setahu saya kalo untuk menghilangkan virus Android itu hanya bisa dilakukan dengan aplikasi Antivirus looo...? Memang betul, akan tetapi jika bisa diatasi tanpa dengan menggunakan Antivirus bukannya lebih Ok! Kenapa? Karena selain membutukan memori yang besar, Antivirus juga akan memakan banyak RAM dan jika perangkat Android terhubung ke internet maka aplikasi Antivirus tersebut akan berjalan di latar belakang (background) sehingga dapat menghabiskan kuota paket internet kita.

Cara Menghilangkan dan Membasmi Virus atau MalWare Android tanpa Antivirus


Jadi menurut HandRoot akan lebih baik jika ada cara untuk Menghilangkan (Membasmi) virus atau malware Android dengan tanpa aplikasi Antivirus. Lalu bagaimana caranya, beginilah cara-caranya;

#. Silahkan Anda masuk ke menu Safe Mode terlebih dahulu yang ada pada perangkat Android Anda. Dan untuk mengetahui cara masuk kemenu Safe Mode di semua tipe dan merk Smartphone Android mungkin akan saya bahas dilain waktu. Namun pada umumnya untuk masuk ke menu Safe Mode Android dengan cara menekan tombol power + volume.
Cara Menghilangkan Virus di Android tanpa Antivirus

Baca juga: Cara Mengatasi Safe Mode yang Muncul di Layar Android.

#. Setelah Smartphone sudah dalam Safe Mode, selanjutnya masuk ke menu Pengaturan lalu cari Manager Aplikasi kemudian pilih Tap Download dan lihat, jika ada aplikasi yang mencurigakan maka langsung saja Anda hapus (uninstal). Karena jika Smartphone dalam kondisi Safe Mode yang tampil pada Tap Download hanya aplikasi bawaan Pabrik. Selebihnya jika muncul aplikasi pihak ketiga maka kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah terinfeksi virus.

#. Namun jika aplikasi yang dimaksud susah untuk di hapus (di uninstal) itu dikarenakan aplikasi tersebut sudah meng-akses ke bagian Device Administrators. Nah... langkah yang harus Anda lakukan adalah masuk ke bagian Administrator dengan cara: masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Keamanan lalu pilih dan buka Device Administrator. Setelah itu hapus saja jalur akses dari aplikasi yang mencurigakan tersebut.

#. Langkah berikutnya silahkan Anda kembali lagi ke Tap Download yang ada pada menu Manager Aplikasi lalu Anda coba hapus (uninstal) kembali aplikasi yang dianggap terinfeksi virus (malware) tersebut.

#. Langkah terakhir keluarkan Smartphone Anda dari Safe Mode dengan cara di-Restart dan tunggu hingga proses booting selesai. Nah... dengan begitu kini Smartphone Android kesayangan Anda sudah terbebas dari virus atau malware.

Demikianlah Cara Menghilangkan dan Membasmi Virus atau MalWare Android tanpa Antivirus. Selain menggunakan cara diatas, bisa juga dengan cara Factory Reset, akan tetapi data dan file penting yang tersimpan didalam Smartphone akan ikut terhapus.

Sekian dan TerimaKasih, Semoga bermanfaat.