Mengatasi Keyboard QWERTY di Android yang Error Telah Berhenti

Mengatasi Keyboard QWERTY di Android yang Error Telah Berhenti - Apa jadinya jika keyboard pada Smartphone Android kesayangan Anda saat akan digunakan untuk mengetik atau menulis suatu pesan tiba-tiba mengalami error yang disertai dengan munculnya peringatan "Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti" atau "Unfortunately Android Keyboard (AOSP) Has Stopped" pada layar?

Cara Mengatasi Keyboard Android yang Error Telah Berhenti

Hal pertama yang pastinya akan menyelimuti pikiran Anda ketika tahu bahwa keyboard pada smartphone androidnya error adalah rasa panik dan juga cemas. Pasalnya sewaktu Anda akan mengetik sebuah pesan teks yang akan dikirim kepada seseorang, tahu-tahu keyboard terhenti dan tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Baca juga:
Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Terhenti
* Cara Mengatasi Android yang Sering Restart Sendiri

Waduh gawat nih kalau begini? Kok.. bisa ya keyboard android error? Gimana nih... padahal tulisan yang akan saya kirim ini penting loo? Bisa-bisa jadi berabe nih...? Nah... perasaan bingung dan ngrundel sendiripun mulai membuat Anda menjadi lebih panik. Lantas bagaimana solusinya untuk mengatasi kasus seperti ini?

Mengatasi Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti


Nah... untuk mengatasi permasalahan pada keyboard smartphone yang error yang disertai dengan munculnya peringatan "Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti" pada layar sebenarnya tidaklah sulit, asalkan Anda mau mengikuti langkah-langkahnya berikut ini;

# Me-Restart Smartphone

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah dengan cara me-Restart perangkat Android Anda. Caranya tinggal tekan dan tahan tombol power Smartphone Anda lalu ketuk Restart (Mulai Lagi), kemudian tunggu hingga proses selesai.

Namun jika ternyata menggunakan cara yang pertama ini belum berhasil alias Keyboard Android Anda masih error atau belum bisa digunakan dengan semestinya, maka saya sarankan untuk menggunakan langkah yang ke 2 yaitu:

# Membersihkan File Sampah (Cache)

Pada langkah yang ke 2, tugas Anda adalah membersihkan file sampah (cache). Karena jika terlalu banyak file sampah (cache) yang tersimpan didalam sistem Android, maka kinerja daripada Smartphone itu sendiri akan menjadi lelet bin lemot dan bahkan error.

Sebagai contohnya adalah keyboard Android yang tiba-tiba berhenti alias macet yang disertai dengan munculya pesan: "Sayangnya Keyboard Android (AOSP) Telah Berhenti". Oleh sebab itu, rajin-rajinlah untuk membersihkan file-file sampah (cache), dengan cara;
* Buka Smartphone Android Anda seperti biasanya
* Lalu menuju ke menu Pengaturan (Settings)
* Kemudian buka manager aplikasi
* Setelah itu pilih Tap Semua
* Selanjutnya cari Aplikasi Keyboard Android (AOSP)
* Lalu Hapus Cache
Nah... selain dengan menggunakan cara diatas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi pembersih File Cache seperti Clean Master. Namun jika sudah menggunakan cara yang ke 2 ini, Keyboard masih tetap error, maka saya sarankan untuk menggunakan langkah yang ke 3 yaitu:

# Factory Reset

Jika Anda mencoba memperbaiki keyboard Android yang error menggunakan cara yang pertama dan kedua diatas ternyata belum berhasil juga, maka satu-satunya cara yang masih bisa Anda lakukan sendiri adalah dengan cara Factory Reset.

Nah... untuk mengetahui pengertian dan bagaimana cara melakukan factory reset, silahkan Anda kunjungi pada artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya dibawah ini:
* Pengertian dan Cara Melakukan Factory Reset di Android
* Pengertian Factory Reset, Hard Reset dan Flashing di Android

Begitulah kira-kira tips dan trik untuk Mengatasi Keyboard QWERTY di Android yang Error Telah Berhenti yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sekian dan TerimaKasih.

This Is The Newest Post