Pengertian dan Pemahaman tentang Hibernasi Aplikasi di Android

Tags

Semakin sering kita menggunakan smartphone, maka semakin cepat pula kita menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Seperti halnya dengan istilah Hibernasi yang hingga saat ini mungkin masih banyak pengguna Android baik Tablet maupun Smartphone yang belum mengetahuinya. Apakah Anda penasaran? Jika iya... simak saja ulasan lengkap mengenai Pengertian dan Pemahaman Hibernasi Aplikasi di Android yang kebetulan akan HandRoot bahas pada kesempatan kali ini.

Pengertian dan Pemahaman tentang Hibernasi Aplikasi di Android

Istilah Hibernasi sendiri sebenarnya di ambil dari proses penghematan makanan yang dilakukan hewan ketika terjadi kelangkaan makanan, dan untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di Wikipedia. Nah... begitu halnya dengan proses Hibernasi Aplikasi yang diterapkan pada perangkat Android, yaitu suatu bentuk upaya penghematan energi ketika daya baterai mulai menipis dengan cara menghentikan (menon-aktifkan/menidurkan) aplikasi yang berjalan secara diam-diam di latar belakang (background).

Kelebihan dan Kekurangan Hibernasi Aplikasi di Android


Jadi dengan menghibernasi aplikasi diyakini dapat untuk menghemat daya baterai agar tidak boros serta mampu meningkatkan kinerja Android sehingga menjadi lebih optimal dan lebih stabil walaupun banyak terinstall aplikasi didalamnya. Menghibernasi aplikasi juga bisa dipercaya sebagai cara untuk menambah, memperbesar, melegakan maupun mengoptimalkan memori RAM.

Namun perlu Anda ketahui bahwa dibalik menghibernasi aplikasi juga dapat menimbulkan permasalah pada aplikasi yang di hibernasi tersebut, sehingga aplikasi tidak dapat berjalan dengan normal. Artinya selain mendapatkan keuntungan seperti yang sudah HandRoot jelaskan diatas, menghibernasi aplikasi juga bisa mendatangkan masalah. Nah... berikut ini adalah beberapa masalah yang akan timbul setelah menghibernasi aplikasi;

  1. Akan kehilangan pemberitahuan (notifikasi)
  2. Aplikasi menjadi tidak berjalan dengan semestinya
  3. Dapat menyebabkan hubungan antar aplikasi yang berkaitan terputus
  4. Menghilangkan fungsi tugas dari aplikasi tertentu
  5. Dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Android

Baca juga:



Demikianlah Pengertian dan Pemahaman tentang Hibernasi Aplikasi di Android, jadi dengan begitu dapat di ambil kesimpulan bahwa menghibernasi aplikasi android jika dilakukan dengan tepat dapat meningkatkan performa kinerja Android, namun jika salah dalam memilih aplikasi yang di hibernasi bisa menyebabkan Smartphone Anda menjadi error dan bahkan rusak. Oleh sebab itu perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan aplikasi yang akan di hibernasi.

Sekian dan TerimaKasih.