Mengatasi Bootloop, lalu apa yang dimaksud bootloop itu?

Tags

Mengatasi Bootloop, lalu apa yang dimaksud bootloop itu? - Dari sekian banyak pengguna Smartphone berbasis Android tentunya ada yang sudah dan ada juga yang belum mengetahui tentang apa yang dimaksud Bootloop itu. Padahal bagi anda yang memang belum tahu dan mau mencarinya tahu di mbah Google akan ada banyak dijumpai Blog-Blog yang membahas seputar Android Bootloop lengkap dengan cara mengatasinya.

Mengatsi Bootloop, lalu apa yang dimaksud bootloop itu?
Nah... pada kesempatan kali ini juga, HandRoot akan mencoba untuk mengulasnya kembali mengenai pengertian dan cara mengatasi masalah Bootloop pada perangkat Android. Melihat dari judul pada pembahasan kali ini sudah sangat jelas, bahwa berbicara mengenai Android Bootloop pastinya berkaitan dengan suatu masalah maupun kerusakan pada Android sistem.

Ok! kita awali saja dari pengertian Bootloop terlebih dahulu. Bootloop sendiri merupakan gabungan dari kata Boot dan Loop, dimana Boot memiliki arti menghidupkan (menyalakan) perangkat, sedangkan Loop mempunyai arti pengulangan (berulang-ulang). Jadi pengertian Bootloop adalah suatu masalah dimana keadaan sistem Android tidak dapat melakukan proses awal (booting) sehingga gagal masuk ke menu utama dan hanya menampilkan logo dari merek Smartphone Android yang anda gunakan.

Tingkat kerusakan pada masalah Android Bootloop digolongkan menjadi 3 tingkatan, yaitu;

# Bootloop tingkat Ringan (Light)
# Bootloop tingkat Sedang (Medium)
# Bootloop dengan tingkat paling Berat/Parah (Hard)

Dan berikut adalah pemahaman dari ketiga tingkatan masalah Android Bootloop tersebut;

1. Bootloop Ringan (Light)
Masalah Bootloop Ringan ini biasanya terjadi akibat dari ketidaksengajaan setelah anda mengotak-atik salah satu file tanpa melalui recovery mode. All hasil perangkat Android anda menjadi mengalami Bootloop tingkat Ringan.

2. Bootloop Sedang (Medium)
Untuk masalah Bootloop Sedang ini sebenarnya akibat dari anda melakukan perubahan kecil pada sistem software android (tweaking) yang berlebihan, seperti kesalahan pada saat melakukan proses rooting (root). Dengan demikian perangkat Android anda akan mengalami kerusakan pada sistem software yang menyebabkan terjadinya Bootloop tingkat Sedang.

3. Bootloop Berat/Parah (Hard)
Pada tingkatan yang ketiga ini adalah masalah Bootloop dengan tingkat kerusakan yang paling fatal maupun paling parah pada sistem software Android. Karena perangkat Android mengalami kerusakan pada file-file penting yang dibutuhkan sistem Android sehingga perangkat tidak bisa melakukan booting dengan sempurna bahkan jika kerusakannya sudah sangat parah perangkat tersebut tidak bisa menyala alias mati total.

Dari masing-masing tingkat kerusakan Bootloop diatas, perlakuan untuk memperbaikinya juga berbeda-beda. Dan berikut cara mengatasi masalah Bootloop Android sesuai dengan tingkat kerusakannya;

1. Cara Mengatasi Bootloop Ringan (Light)
Dari segi tingkatan kerusakannya saja sudah jelas Riii..ngan, jadi untuk mengatasinyapun juga ringan, cukup dengan cara matikan handphone > cabut baterai > tunggu ± 15 menit > baterai di pasang kembali > nyalakan kembali handphone anda. Jika belum berhasil alias handphone masih mengalami bootloop, lakukan dengan cara yang kedua dibawah ini.

2. Cara Mengatasi Bootloop Sedang (Medium)
Cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah bootloop sedang adalah kita harus bisa masuk ke menu sistem recovery mode android guna melakukan factory reset

Baca; Cara Masuk ke Menu Recovery Mode Android

3. Cara Mengatasi Bootloop Berat (Hard)
Untuk mengatasi masalah bootloop yang tergolong parah ini, memang agak sedikit menguras pikiran dan tenaga. Apalagi jika kerusakannya sudah tergolong fatal alias mati total, mau tidak mau harus menempuh jalan dengan cara meng-instal ulang sistem android tersebut. Namun jika handphone masih bisa menyala perbaikan bisa menggunakan cara factory reset, jika mati total hanya bisa di isntal ulang.

Sekian dan Terima Kasih, semoga penjelasan mengenai masalah bootloop pada Android lengkap dengan cara mengatasinya ini bisa bermanfaat.