Fitur Baru di Android 10 yang Sangat Menggiurkan

Ada Fitur Baru di Android 10 yang Sangat Menggiurkan - Setelah sempat dikabarkan bahwa OS Android versi ke 10
akan diberi nama berupa makanan pencuci mulut atau cemilan manis dengan awalan huruf Q, namun pada akhirnya Google mengumumkan secara resmi pada tanggal 03 September 2019 bahwa yang semula bernama Android Q berubah menjadi Android 10.

Fitur Baru Android 10

Resminya sistem operasi Android 10 ini juga menjadi tanda awalnya Google merubah rentetan nama yang biasanya diberi julukan dengan nama makanan yang memiliki rasa manis dengan awalan huruf menurut urutan alfabet yang dimulai dari Android C (Cupchake) hingga Android P (Pie).

Smartphone Google Pixel-lah yang pertama mencicipi sistem opersi Android 10 ini dan bagi para pengguna Smartphone Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL serta Pixel 3a termasuk Pixel 3a XL juga akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan pembaharuan software.

Nah... mungkin sebelum anda memutuskan untuk membeli smartphone terbaru yang sudah menggunakan OS Android 10 atau bagi para pengguna yang memiliki smartphone dan mendapatkan kesempatan untuk melakukan upgrade dari Android 9.0 "Pie" ke Android 10, tidak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih fitur-fitur baru yang di sematkan di Android 10.

Fitur Baru di Android 10 yang Sangat Menggiurkan


Berikut adalah beberapa fitur baru yang canggih yang sangat menggiurkan bagi para pencinta gadget yang terdapat pada versi Android 10;

1. Jaringan Seluler 5G


Fitur pertama yang sangat menggiurkan di Android 10 adalah koneksi internet yang sudah mendukung teknologi 5G yang mana diyakini memiliki kecepatan unduhan (transfer data) 10 hingga 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet (4G) yang tersedia sekarang ini.

2. Live Caption


Live Caption merupakan fitur selanjutnya yang dikenalkan Google melalui OS Android 10, yang mana fitur ini dapat bekerja pada konten video, podcast, pesan suara serta berbagai aplikasi maupun media lain yang memiliki suara. Cara kerja daripada Live Caption ini memang terbilang cukup unik karena ketika kita sedang memutar sebuah video maka audio (suara) yang keluar akan diterjemahkan  ke dalam teks secara langsung dan lebih canggihnya lagi bisa dilakukan secara off line atau tanpa harus terhubung ke internet.

3. Smart Reply


Fitur terbaru berikutnya adalah Smart Reply, dimana fitur ini digadang-gadang mampu memprediksi untuk memberikan sebuah gambaran jawaban ketika Anda akan me-replay atau merespon sebuah pesan yang dikirim melalui aplikasi perpesan seperti; WhatsApp dan Facebook Messenger. Dengan Smart Reply pengguna juga akan merasa lebih cepat dan lebih efisien ketika akan menjawab atau membalas sebuah pesan yang masuk hanya dengan cara meng-klik notifilasi pesan tersebut tanpa harus membuka aplikasinya.

4. Suggested Actions


Fitur Suggested Actions ini akan mendeteksi apabila ada seseorang yang mengirimkan alamat, maka secara otomatis Android 10 akan mengarahkannya ke Google Maps.

5. Dark Mode (Dark Theme)


Dark theme atau Dark Mode ataupun Tema Gelap ini merupakan salah satu fitur yang dihadirkan atas dasar permintaan para pengguna Android agar mata tidak terlalu silau ketika menatap layar smartphone yang terlalu terang, terutama di malam hari. Tak hanya sampai disitu, pengaktifan Tema Gelap (Dark Mode) ini juga diyakini dapat memperpanjang atau menghemat pemakaian daya baterai Smartphone Anda.

6. Kontrol Lokasi


Ketika menginstal sebuah aplikasi yang kita download dari Google Play (Play Store) menggunakan smartphone berbasis Android 10, maka aplilasi tersebut akan secara otomatis meminta izin untuk dapat mengakses lokasi Anda, foto, media serta file-file yang didalam perangkat kita. Nah... dengan hadirnya fitur Kontrol Lokasi di Android 10 ini, memudahkan kita untuk mengontrol ketika aplikasi yang baru terpasang meminta izin untuk mengaksesnya.

7. Navigasi Gestur


Dari kebanyakan Smartphone Android 10 kini sudah menggunakan antarmuka layar penuh (full screen) yang minim akan tombol, termasuk tombol Navigasi Virtual (Back, Home & Recent) yang biasanya terletak dibawah layar-pun dihilangkan. Nah... sebagai gantinya Android 10 membekali dengan fitur Navigasi Gestur terbaru yang telah diperbaharui yang diyakini lebih baik dari generasi sebelumnya sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan fitur ini. Sebagai contohnya Anda akan merasa lebih cepat ketika Anda akan melakukan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya layaknya membuka lembaran berikutnya saat membaca buku, tanpa perlu menggunakan bantuan tombol Navigasi.

8. Mode Focus


Mode Focus dirancang untuk menghentikan atau memblokir beberapa aplikasi yang sekiranya dapat mengganggu konsentransi, sehingga ketika pengguna sedang mengerjakan tugas maupun aktivitas lainnya bisa menjadi lebih fokus. Nah... ketika fitur Mode Focus ini diaktifkan, pengguna dapat memilah aplikasi pengganggu mana yang sekiranya akan dihentikan atau diblokir sementara. Jika pengguna lupa dan mencoba membuka aplikasi pengganggu tersebut, maka Mode Focus akan mengingatkan bahwa aplikasi itu sedang diberhentikan.

Artikel Terkait:
- Memperbaiki Aplikasi Tanpa Notifikasi
- Tips Memilih Smartphone
- Cara Mengatasi Google Play Store yang Error

9. Update Lebih Cepat (Project Mainline)


Pengertian Project Mainline, yakni merupakan sebuah program yang memungkinkan mereka (pengguna) untuk memperbarui komponen inti sistem operasi menggunakan cara yang mirip saat kita memperbarui aplikasi – melalui layanan Google Play. Nah... pada OS Android 10 ini diyakini akan menjamin update sistem keamanan yang lebih cepat dan efisien. Sistem akan secara otomatis memberikan tambahan kemanan pada aplikasi lewat Google Play tanpa menunggu produsen atau developer aplikasi tersebut.

Sekian dan Terimakasih.

This Is The Newest Post