Mengatasi dan Memperbaiki Aplikasi Android yang Suka FORCE CLOSE

Apa itu FORCE CLOSE? Yuk... kita cari tahu disini - Perangkat Android baik Tablet maupun Smartphone akan terasa hambar alias kurang lengkap jika tanpa adanya aplikasi. Karena dengan terinstalnya berbagai macam aplikasi yg bermanfaat, pengguna baru akan bisa merasakan kecanggihan dan kepintaran dari perangkat Android tersebut.

Seperti Anda ketahui bahwa begitu banyak aplikasi Android yang tersedia di Google Play (Play Store) dan hampir dari kesemua aplikasi yang ada dapat kita nikmati (unduh) secara gratis. Namun dilain sisi jika terlalu banyak menginstal aplikasi akan menimbulkan efek yang kurang baik pada perangkat Android itu sendiri.

Untuk itu kita harus selektif dalam memilih sebuah aplikasi Android yang akan kita instal. Namun biarpun kita sudah merasa selektif dalam memilih aplikasi Android, akan tetapi yang namanya masalah tetap saja bisa terjadi kapan saja seperti; aplikasi mengalami masalah FORCE CLOSE.

Lalu apa yang dimaksud dengan Force Close Android itu? Force Close adalah sebuah kata istilah (nama) dari suatu masalah yang terjadi pada perangkat Android. Lebih tepatnya begini? Jika Anda sedang memjalankan atau sedang menggunakan salah satu aplikasi Android, tiba-tiba aplikasi tersebut terhenti dan keluar secara otomatis tanpa permisi atau disertai dengan munculnya notifikasi seperti gbr dibawah ini:

Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Force Close
** yang artinya: "Aplikasi ini berhenti mendadak".

Nah... timbulnya permasalahan ini, tentunya sebagai pengguna Android akan mengajukan beberapa pertanyaan seperti:
"kenapa FORCE CLOSE ini bisa terjadi"?
"apa yang menjadi penyebabnya"?
"bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya?
Untuk itu HandRoot akan mencoba menjawabnya agar rasa penasaran dari para pengguna Android bisa terobati he...he...

Penyebab Aplikasi Android FORCE CLOSE

- Terlalu banyak menginstal aplikasi, sehingga banyak memakan memori RAM.
- Data aplikasi ada yang corrupt.
- Aplikasi yang Anda instal dalam tahap uji coba alias BETA.
- Perangkat Android tidak kompatibel dengan aplikasi versi tersebut.
- Sambungan internet yang tiba-tiba putus.

Cara Mengatasi Aplikasi Android FORCE CLOSE

1. Me-Restart Perangkat
Langkah awal yang perlu Anda lakukan jika ada salah satu aplikasi Android yg tiba-tiba berhenti mendadak (stop sendiri dan keluar secara otomatis) alias force close adalah me-Restart Perangkat Android tersebut.

2. Memberhentikan Aplikasi secara Paksa
Mengatasi Force Close dengan memberhentikan atau menyetop secara paksa pada aplikasi yg bermasalah dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
a). Melalui Tombol Recent Apps
Mematikan dengan menggunakan daftar aplikasi terakhir atau melalui tombol recent apps merupakan cara termudah untuk mengatasi aplikasi android yang suka FORCE CLOSE. Cara tinggal tekan tombol recent apps yang ada di navigasi bar (tombol; back, home dan recent apps). Untuk lebih jelasnya lihat gbr dibawah ini:
Cara Mengatasi Aplikasi Android yang Force Close
* note: beda tipe smartphone beda juga posisi tombol recent apps-nya.

b). Melalui Menu Pengaturan pada Perangkat
Cara termudah kedua untuk mengatasi aplikasi yang suka force close yaitu: dengan masuk ke Pengaturan - pilih Manager Aplikasi - pilih Running (berjalan) atau All (semua) - pilih aplikasi yang suka force close - lalu pilih Force Stop (paksa berhenti). Terakhir Restart perangkat Android Anda.

3. Membersesihkan File-file Sampah (Data & Cache) Pada langkah yang ketiga ini cara melakukannya sama persis dengan menggunakan cara yang ke "2. b)" seperti diatas, hanya saja setelah aplikasi yang bermasalah di Force Stop (Paksa Berhenti) dilanjutkan dengan Hapus Data dan Hapus Memori (cache) yang ada pada aplikasi tersebut - lalu Restart perangkat Anda.

4. Update Aplikasi yang Bermasalah
Rutinlah dalam meng-update aplikasi, karena jika tanpa Anda sadari bahwa aplikasi yang Anda instal (download) masih dalam tahap BETA (uji coba). Caranya buka Play Store lalu pilih Aplikasi Saya (My Apps) lalu update Aplikasi yang bermasalah tadi. Namun jika setelah di update aplikasi tersebut masih bermasalah, silahkan Re-install (instal ulang) kembali aplikasi tersebut.

5. Update OS Android
Langkah ini bisa Anda lakukan jika dirasa perlu untuk di update ke OS Android terbaru yang tersedia, cara masuk ke menu Pengaturan - About - Version. Dan jika memang tersedia akan ada pemberitahuan untuk melakukan update ke versi yang lebih baru.

6. Cek Sambungan Internet
Jika aplikasi yang mengalami masalah force close itu menggunakan jaringan internet maupun Wi-Fi, seperti: WhatApp, BBM, LINE dan lainnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengecek setelan koneksi internet pada perangkat Android Anda. Caranya masuk ke Pengaturan - pilih Jaringan lainnya - lalu pilih Jaringan Seluler dan pastikan Data Seluler sudah nyala (pada posisi ON).

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi dan memperbaiki aplikasi android yang suka froce close. Namun jika dari kelima cara diatas dirasa belum bisa mengatasi masalah FORCE CLOSE, langkah terakhir yang bisa ditempuh dengan jalan "Factory Reset". Akan tetapi untuk langkah ini saya hanya sekedar menyarankan dan bukan menganjurkan.

Baca juga: Cara Melakukan Factory Reset di Android

Sekian dan TerimaKasih.