Cara Cepat Mengatasi SmartPhone Android yang Restart Sendiri

Cara Mengatasi SmartPhone Android yang Restart Sendiri - Semakin sering perangkat Android Anda digunakan, maka kemungkinan perangkat akan mengalami masalah juga semakin lebih cepat.

Sebagai contohnya adalah masalah yang kebetulan akan HandRoot bahas pada kesempatan kali ini, yaitu: SmartPhone Android yang secara tiba-tiba meRestart sendiri.

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Restart Sendiri
Kenapa hal ini bisa terjadi? Lalu apa yang menjadi penyebab terjadinya masalah ini? Oke mari kita cari tempe tahu semuanya dan kita kupas hingga tuntas di blog HandRoot ini.

Seperti yang Anda ketahui bahwa yang menjadi salah satu daya tarik dari perangkat Android adalah dengan banyaknya tersedia berbagai macam aplikasi dan game.

Baca juga: Beberapa Alasan Orang Memilih Android

Maka tak heran jika banyak pengguna Android yang selalu bergonta-ganti mendownload dan menginstal baik itu aplikasi maupun game, dengan alasan Gratis!

Namun tahukah Anda bahwa terlalu sering bergonta-ganti dan terlalu banyak menginstal berbagai aplikasi dan game akan memberikan efek buruk yang pada akhirnya memberatkan kinerja dari sistem perangkat Android itu sendiri.

Baca juga: Pengertian dan Cara Mengatasi Bootloop di Android

Sehingga perangkat Android dapat mengalami berbagai masalah seperti: lemot, hang, crash, bootloop dan me-restart sendiri alias reboot terus-menerus.

Namun dari berbagai masalah yang sudah disebutkan diatas, yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah perangkat Android yang sedang mengalami masalah Restart Sendiri.

Penyebab SmartPhone Android Restart Sendiri

Ada banyak faktor penyebab yang menjadikan SmartPhone Android Restart Sendiri diantataranya;

* Adanya salah satu aplikasi maupun game yang tidak kompatibel dengan versi OS Android Anda.

* Adanya aplikasi maupun game yang mengalami crash.

* Adanya sistem dari salah satu aplikasi yang tidak bekerja dengan baik.

* Adanya kerusakan pada kartu memori (memory card)

* Terlalu banyak menginstal aplikasi dan game yang memakan banyak RAM sehingga membebani kinerja Prosesor.

* Terlalu banyak file-file sampah (cache) yg tersimpan pada sistem Android.

* Adanya kerusakan pada sistem operasi Android yang dikarenakan ada bagian yang hilang.

Cara Cepat Mengatasi SmartPhone Android yang Restart sendiri;

#1. Langkah yang pertama bisa Anda lakukan dengan cepat adalah mencabut baterai dan melepas kartu memori, biarkan selama beberapa detik atau hingga daya baterai yang tersimpan pada chipset benar-benar habis dan barulah baterai di pasang kembali.

** dengan catatan smartphone android anda menggunakan jenis baterai yang bisa dilepas.

#2. Cobalah Anda ganti kartu memori (memory card) dengan yang baru atau menggunakan kartu memori Anda yang lainnya.

#3. Cek semua aplikasi yang terinstal atau yang baru diinstal, karena ada kemungkinan aplikasi yang Anda instal tidak kompatibel dengan versi Android Anda.

#3. Hapuslah aplikasi yg sekiranya memakan banyak momori RAM.

#4. Bersihkan file-file sampah (cache) yang tersimpan pada sistem Android. Agar lebih mudah dan cepat gunakanlah aplikasi pembersih cache seperti: Clean Master.

#5. Jika dianggap perlu lindungilah perangkat Android Anda dengan Antivirus.

Baca juga; Antivirus Terbaik untuk Android

Nah... demikianlah 5 Cara Mengatasi SmartPhone Android yang Restart Sendiri. Namun jika dari kelima cara diatas belum dapat menyelesaikan masalah, maka jalan satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan perangkat Android ke pengaturan awal (pabrik) atau factory reset.

Dan untuk mengetahui secara detail bagaimana cara melakukan factory reset pada perangkat Android, silahkan Anda buka tautan berikut ini: Cara Cepat Melakukan Factory Reset di Android

Sekian dan TerimaKasih